SPMB

iklan.gif

DOWNLOAD INFO USM PTN, STAN, dll. klik disini!

Akhirnya disepakati 1 Seleksi Nasional untuk masuk PTN!
baca berita selengkapnya …

SPMB 2008 terancam BATAL DILAKSANAKAN!
baca berita selengkapnya…

Sehubungan dengan banyaknya permintaan informasi maupun soal-soal latihan serta berbagai hal terkait SPMB 2008, maka kami akan mencoba menyajikan informasi seputar UM/USM/SPMB 2008. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Silahkan kunjungi Blog ini secara berkala untuk melihat informasi terbaru. Trims.

===prabujayadiningrat@yahoo.co.id :: 13-02-08 : 01:23 Wib. ===

 

A. SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB)

SPMB merupakan sistem ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, oleh sebuah panitia terpusat di Jakarta, berdasarkan mandat yang diberikan oleh Paguyuban Rektor Universitas Negeri Seluruh Indonesia.

SPMB 2008 rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juli 2008.

Tujuan pelaksanaan SPMB adalah untuk memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. SPMB tidak mengurangi wewenang masing-masing perguruan tinggi untuk melaksanakan seleksi sendiri. Seleksi dilakukan dengan pola ujian tertulis.

SPMB dilaksanakan di kota-kota dimana Perguruan Tinggi Negeri berada dan di kota-kota lain yang dianggap strategis oleh Panitia Pelaksana. Seleksi ujian tersebut menggunakan soal yang sama atau setara. Peserta ujian disarankan untuk memilih tempat ujian yang paling dekat dengan tempat tinggalnya.Tempat ujian tidak menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi calon mahasiswa.

Proses seleksi dilakukan secara terpusat. Semua peserta SPMB akan diurutkan menurut nilai ujiannya, kemudian dialokasikan pada program studi pilihannya, dengan ketentuan bahwa peserta yang lebih baik mendapat prioritas untuk dialokasikan lebih dahulu. Jika masih ada tempat di pilihan pertama, ia akan diterima di program studi pilihan pertama. Jika tempat pada program studi pilihan pertama telah penuh, dan masih ada program studi pilihan kedua, ia akan diterima pada program studi pilihan kedua. Jika tempat pada program studi pilihan pertama dan program studi pilihan kedua telah penuh, maka ia tidak akan diterima walaupun nilainya masih cukup tinggi. Bagi yang memilih kelompok IPC dengan tiga pilihan, maka pilihan ketiga akan diproses dengan cara yang sama.

Materi ujian SPMB pada umumnya ditujukan untuk menguji kemampuan kognitif dan kemampuan akademik calon mahasiswa.

Perguruan Tinggi melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru tidak hanya melalui jalur SPMB tetapi ada juga yang melakukan seleksi secara mandiri (UM/USM/SMUP dll.) kemudian melaksanakan pula seleksi secara terpusat melalui SPMB. Adapun kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPMB untuk setiap PTN berbeda2 seperti halnya ITB. Pada tahun ini, ITB akan menerima sekitar 55% dari total seluruh mahasiswa baru ITB 2008, melalui SPMB 2008.

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Perguruan Tinggi Peserta SPMB

Regional I

Meliputi Perguruan Tinggi di wilayah Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat, terdiri dari:
01. UNIVERSITAS SYIAH KUALA (UNSYIAH)
02. UNIVERSITAS NEGERI MEDAN (UNIMED)
03. UNIVERSITAS SUMATERA (USU)
04. UNIVERSITAS NEGERI PADANG (UNP)
05. UNIVERSITAS ANDALAS (UNAND)
06. UNIVERSITAS RIAU (UNRI)
07. UNIVERSITAS JAMBI (UNJA)
08. UNIVERSITAS SRIWIJAYA (UNSRI)
09. UNIVERSITAS BENGKULU (UNIB)
10. UNIVERSITAS LAMPUNG (UNILA)
11. UNIVERSITAS TANJUNGPURA (UNTAN)
12.UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (UNJ)
13. UNIVERSITAS INDONESIA (UI) *)
14. INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB) *)
15. UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA (UNTIRTA)
16. UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI)
17. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (ITB)
18. UNIVERSITAS PADJADJARAN (UNPAD)
19. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JAKARTA

Regional II

Meliputi Perguruan Tinggi di wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, terdiri dari :
1. UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN (UNSOED)
2. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)
3. UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP)
4. UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS)
5. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (UNY)
6. UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM) *)
7. UNIVERSITAS PALANGKARAYA (UNPAR)
8. UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT (UNLAM)
9. UNIVERSITAS MULAWARMAN (UNMUL)

Regional III

Meliputi Perguruan Tinggi di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua, terdiri dari:
01. UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (UNNESA)
02. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER (ITS)
03. UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR)
04.UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)
05.UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UNIBRAW)
06.UNIVERSITAS JEMBER (UNEJ)
07. UNIVERSITAS UDAYANA (UNUD)
08. UNIVERSITAS MATARAM (UNRAM)
09. UNIVERSITAS NUSA CENDANA (UNDANA)
10. UNIVERSITAS NEGERI MAKASAR (UNM
11. UNIVERSITAS HASANUDDIN (UNHAS)
12.UNIVERSITAS TADULAKO (UNTAD)
13.UNIVERSITAS HALU OLEO (UNHALU)
14.UNIVERSITAS NEGERI MANADO (UNIMA)
15.UNIVERSITAS SAM RATULANGI (UNSRAT)
16.UNIVERSITAS PATTIMURA (UNPATTI)
17. UNIVERSITAS CENDRAWASIH (UNCEN
18. UNIVERSITAS NEGERI PAPUA (UNIPA)
19. IKIP NEGERI GORONTALO
20. IKIP NEGERI SINGARAJA
21. UNIVERSITAS TRUNOJOYO

*) PTN BHMN

Data terbaru dan lebih lengkap lihat di : http://www.spmb.or.id

 

iklan.gif

Lintas Regional

Tempat ujian tidak merupakan kriteria penerimaan, sehingga peserta ujian tidak perlu mengikuti ujian di tempat program studi atau universitas yang menjadi pilihannya. Peserta ujian dapat memilih program studi di setiap PTN anggota, dengan persyaratan salah satu pilihannya berada di regional dimana peserta mengikuti ujian; pilihlah tempat ujian yang paling dekat atau paling efisien.

Persyaratan

Peserta SPMB harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Lulusan SMTA 3 tahun terakhir (SMU, MA, SMK, SMTA Luar Negeri, ujian persamaan, dsb).
  • Tidak mempunyai cacat tubuh atau ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran belajar yang dipersyaratkan untuk program studi pilihannya.

Warga Negara Asing

Bagi warga negara asing, kalau sudah diterima harus melengkapi izin tertulis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta.

Kelompok Ujian

SPMB terdiri dari 3 kelompok:

  • Kelompok IPA,
  • Kelompok IPS,
  • Kelompok IPC/Campuran (IPA dan IPS)

Setiap peserta yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti kelompok IPA saja, atau kelompok IPS saja, atau kelompok IPC/Campuran, tidak tergantung pada jurusan SMTA-nya.

Pilihan Program Studi di PTN

  1. Program studi dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok IPA dan kelompok IPS
  2. Setiap peserta ujian kelompok IPA dapat memilih paling banyak dua program studi kelompok IPA
  3. Setiap peserta ujian kelompok IPS dapat memilih paling banyak dua program studi kelompok IPS
  4. Setiap peserta ujian kelompok campuran dapat memilih paling banyak tiga program studi, dengan catatan sedikitnya satu program studi kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS
  5. Urutan pilihan menunjukkan urutan prioritas
  6. Peserta ujian yang memilih hanya satu program studi boleh memilih program studi dari PTN di regional mana saja
  7. Peserta ujian yang memilih dua program studi atau lebih, salah satu program studi tersebut harus merupakan program studi dari PTN yang berada dalam satu regional dengan tempat peserta mengambil formulir pendaftaran. Pilihan yang lain dapat merupakan program studi dari PTN di luar regionalnya
  8. Daftar program studi dapat dilihat dalam Buku Petunjuk Pendaftaran SPMB.

Biaya Ujian

Biaya ujian ditentukan berdasarkan kelompok ujian yang diikuti yaitu kelompok IPA/IPS saja atau kelompok Campuran/IPC.

Cara Membeli Formulir Pendaftaran

  1. Pembayaran sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,
  2. Pembayaran dapat dilakukan dengan menyetorkan biaya ujian ke Bank BNI atas nama Rekening Penampungan SPMB di kota dimana peserta akan menempuh ujian,
  3. Bukti pembayaran asli dari bank ditukarkan dengan Formulir Pendaftaran SPMB dan Buku Petunjuk SPMB di Panitia Lokal setempat dimana saudara akan mengikuti ujian,
  4. Pembayaran di bank maupun penukaran bukti pembayaran dengan Formulir Pendaftaran dan pengambilan Buku Petunjuk Pendaftaran dapat diwakilkan.

iklan.gif

Cara Pengembalian Formulir Pendaftaran

  1. Formulir Pendaftaran yang sudah diisi/dilengkapi harus dikembalikan ke tempat dimana formulir tersebut diambil,
  2. Pengembalian dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan,
  3. Tempat, tanggal dan jam pengembalian formulir ditentukan oleh Panitia Lokal setempat dimana peserta membeli formulir. Jika anda belum tahu kapan harus mengembalikan formulir pendaftaran anda, harap segera menanyakan ke Panitia Lokal dimana anda membeli formulir,
  4. Anda harus datang tepat pada waktu dan tempat yang telah ditentukan panitia. Jika anda tidak datang tepat pada waktunya, maka pendaftaran anda tidak akan dilayani.
  5. Pengembalian Formulir Pendaftaran harus dilakukan dengan datang sendiri, tidak dapat diwakilkan,
  6. Pada saat mengembalikan formulir, anda harus membawa :
    • Formulir pendaftaran SPMB yang sudah diisi lengkap kecuali tanda tangan dan cap jempol yang benar. Bagian kanan dari halaman pertama yang berlubang dan bertuliskan : Bagian ini harap dibuang. Sobeklah dengan tangan, jangan menggunakan pisau atau alat potong lainnya.harus sudah dibuang,
    • Dua lembar pasfoto ukuran 4 x 6 cm, harus sudah ditempelkan pada Bukti Hadir dan Tanda Peserta SPMB,
  7. Ijazah / STTB dan Daftar NEM/DANUAN yang asli beserta foto copy-nya, atau STTB sementara dan daftar NEM/DANUAN sementara (jika STTB dan Daftar NEM/DANUAN asli belum ada) beserta fotocopynya.),
  8. Tanda Pengenal (KTP, SIM atau kartu pelajar)
  9. Tanda tangan dan cap jempol tangan kiri pada Tanda Peserta SPMB dan pada Bukti Hadir SPMB, hanya boleh dilakukan di depan Panitia atas perintah Panitia. Tanda tangan menggunakan alat tulis yang disediakan oleh panitia,
  10. Dokumen yang akan diambil oleh Panitia :
    • Formulir pendaftaran SPMB
    • Bukti hadir SPMB
    • Foto copy STB dan foto copy Daftar NEM/DANUAN
  11. Dokumen yang akan diserahkan kembali kepada anda :
    • Ijazah dan Daftar NEM/DANUAN asli,
  12. Tanda peserta SPMB yang sudah diisi lengkap dan ditandatangani serta dibubuhi cap panitia.

Materi Ujian

Hari Pertama, 2 Juli 2008 :

  • KEMAMPUAN KUANTITATIF DAN KEMAMPUAN BAHASA (150 menit); untuk kelompok IPA, IPS, dan IPC
    • MATEMATIKA DASAR (25 soal)
    • BAHASA INDONESIA (25 soal)
    • BAHASA INGGRIS (25 soal)

Hari Kedua, 3 Juli 2008 :

  • KEMAMPUAN IPA (150 menit; untuk Kelompok IPA dan IPC
    • MATEMATIKA (15 soal)
    • BIOLOGI (15 soal)
    • FISIKA (15 soal)
    • KIMIA (15 soal)
    • IPA TERPADU (15 soal)
  • KEMAMPUAN IPS (90 menit); untuk Kelompok IPS dan IPC
    • SEJARAH (20 soal)
    • GEOGRAFI (20 soal)
    • EKONOMI (20 soal)
    • IPS TERPADU (15 soal)

Pengumuman SPMB

Hasil ujian akan diumumkan kurang lebih sebulan setelah pelaksanaan Ujian,
Apabila terjadi perubahan tanggal pengumuman, akan diberitahukan lewat media massa.
Pengumuman penerimaan mahasiswa baru bagi yang diterima pada program studi tertentu akan disampaikan melalui :

  • Koran Pengumuman,
  • Diedarkan oleh Panitia Tetap Lokal,
  • Lembar Pengumuman,
  • Ditempelkan oleh Perguruan Tinggi Negeri,
  • Homepage SPMB : http://www.spmb.or.id

Petunjuk pendaftaran

Setiap pembeli pendaftaran formulir akan memperoleh Buku Petunjuk Pendaftaran SPMB. Buku Petunjuk tersebut merupakan satu-satunya sumber petunjuk SPMB yang dapat dipergunakan. Segala petunjuk mengenai SPMB yang diberikan oleh siapapun, yang bertentangan dengan buku petunjuk tersebut adalah tidak benar.

Keterangan lebih lanjut dan paling akurat mengenai SPMB 2008, dapat diperoleh di alamat berikut :

Panitia SPMB Pusat
Jl. Salemba Raya No. 4 Jakarta Pusat
http://www.spmb.or.id

 

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.



B. INFO USM

C. TIPS AGAR LULUS USM

Berdasarkan pengamatan saya, Ada beberapa hal penting (bila diurutkan) yang merupakan faktor penentu kelulusan siswa yang mengambil jalur USM yaitu :

  • Pertama; Nilai Tes Bakat Skolastik dan atau Psikotes (untuk PTN/Jurusan yang mengujikan psikotest seperti pada USM ITB), Usahakan nilai TBS Anda diatas 600! Berlatihlah sejak sekarang untuk ketiga subtest yang diujikan (Verbal, Kuantitatif, dan Penalaran)
  • Kedua ; Nilai Test Kemampuan Akademik (biasanya B. Ind, B. Ing, Matematika)
  • Ketiga ; Sumbangan.

Notes : sekali lagi ini hanyalah pendapat saya pribadi berdasarkan analisa dan pengamatan sendiri.

 

D. PERTANYAAN SEPUTAR SPMB
Sedang dalam pengerjaan.

 

E. SOAL LATIHAN SPMB 2008

Beberapa soal latihan yang sudah dapat didownload :

 

F. PREDIKSI SOAL SPMB 2008
Sedang dalam pengerjaan.

 

 

iklan.gif

======================A=B=O=U=T======================

 

foto_prabu.jpg

 

Terimakasih sudah masuk ke :

PRABU JAYADININGRAT WEBBLOGS

Untuk menghubungi saya silahkan kirimkan e-mail ke :

prabujayadiningrat@yahoo.co.id

===============================================

 

 

39 Tanggapan

  1. Saya punya keinginan yg besar untuk kuliah diPTN tapi melihat jumlah peserta sebanyak itu saya tidak yakin kalo bisa lulus karena waktu di kelas saja saya tdk pernah dap rengking. Apakah saya hanya buang2 biaya jika ikut spmb?

    Jangan putus asa, Optimis!, kita WAJIB BERUSAHA teteapi TIDAK WAJIB BERHASIL! Pertanyaaanya SEBERAPA KERAS KITA SUDAH BERUSAHA? Segala sesuatu perlu pengorbanan, so… yang paling penting adik lakukan sekarang adalah FOKUS, fokus pada TUJUAN AKHIR yang ingin adik capai, setelah memastikan tujuan tersebut buatlah PLAN/SCHEDULE BELAJAR untuk mencapainya dari sekarang, selanjutnya ACTION mulai sekarang juga! Kurangi dulu aktivitas yang kurang perlu, kalau ingin lulus SPMB maka mulai sekarang perbanyaklah aktifitas belajar untuk persiapan UN dan SPMB. Mengapa UN? karena jika gak lulus UN maka adik gak mungkin bisa KULIAH, ya gak??? So sekali lagi pesen prabu : OPTIMIS – FOKUS – KONSISTEN – ACTION! MAU BERKORBAN selebihnya perbanyaklah DO’A dan SABAR/TAWAKAL (serahkan hasilnya pada Allah!)
    Prabu do’akan semoga dapat berhasil pada UN dan SPMB tahun ini.
    Btw, tahukah adik bahwa sebenarnya saingan adik di SPMB tidak sebanyak itu? Mungkin hanya 1:3 kok? Gak percaya? Want more? Silahkan berkonsultasi langsung dengan prabu via e-mail atau… tunggu posting prabu selanjutnya mengenai Kiat Sukses SPMB… sementara ini prabu sedang Fokus dulu bantu rekan2 untuk UN 2008 dulu, baru kemudian nulis untuk persiapan SPMB.

    Salam hangat, pr@abu.

  2. Bisa ga minta prediksi soal-soal SPMB STT Telkom to soal-soalnya yang taon lalu???
    Please kirimin gue to posting ja di web ini…..
    Gue ngebet banget biar dapet d STT TELKOM……..

  3. kang… minta soal-soal buat pmdk yang taon lalu dong khususnya yg IPB….
    buat ngejar beasiswa neeh………..
    pleeeeeeaaaassssseeeeee……

  4. kang. . . . . .
    bisa minta soal-soal ugm ga. . . . ??

    @
    bisa… udah akang kirim ke e-mail dena… dah keterima belom ? ;)

    trims, pr@bu

  5. kang,
    aku msh ga tllalu ngrti nh soal spmb,
    klo di rayou ato regional 3, itu lbih mudah ya masuknya?
    knp koq bs blg saingan spmb sbnarnya 1:3?
    tlg djwb ya kang..
    aq pngen bgt nh masuk kedokteran,,,,,
    tengkyu..

    @

    Memang persaingan berat, tapi itu relatif kok. Kalau peserta yang milih Kedokteran UNPAD (misal) ada 1000 orang maka hana jangan menganggap bahwa pesaing hana = 999 (1:999) Ugh… kalau saingannya segitu uangnya mendingan pake beli bakso aja deh sekalian nraktir pr@bu!

    Mengapa? karena :

    Pertama, Setiap jurusan punya daya tampung tertentu; nah gak mungkin kan ada jurusan yang hanya menerima 1 mahasiswa, iya gak? :mrgreen: so kalau sebuah jurusan daya tampungnya 100 aja berarti udah 100:1000 dong ? = 1 : 100 opsssss maksud pr@bu 1:10 (ketahuan neh kalau pr@bu jugak gak suka itung2an :D ) nah saingannya udah berkurang khan…

    Kedua, Ada pesaing siluman disini!
    yaitu orang yang jadi saingan hana tapi belum tentu “memiliki kemampuan rata2 yang lebih dari hana!” dan khusus yang satu ini jelas mereka dalah orang-orang yang bukan saingan hana;

    Ada dua kriteria bukan saingan hana yaitu :

    a. Yang memiliki kemampuan diatas hana (ini gak usah difikirin, mereka 90% dijamin lulus kok cuma % peserta kriteria ini gak banyak kok!; bahkan biasanya mereka udah nentuin pilihan1 nya di jurusan yang TOP MARKOTOP alias dianggap bergengsi, iya dong ga mungkin lagi Juara2 kelas di SMAN 8 Jakarta atau di SMAN 3 Bandung milih Jurusan Sastra sebagai pilihan pertamanya ;) ) dan

    b. Yang bunuh diri (kemampuannya dibawah hana). pr@bu yakin yang milih jurusan sama dengan hana diantaranya ada yang cuman jadi “MH (mayat hidup hihihi)” n ga bener2 “bermain”; misalnya yg milih jurusannya karena ikut2an temen, karena gengsi, karena disuruh orang lain padahal gak minat, yang gak ada persiapan khusus sama sekali, dll. khususnya mereka yang tidak (mau) tahu tingkat kemampuan diri v.s tingkat persaingan untuk masuk di jur. tsb. Ukur tingkat kemampuan diri melalui Try-Out2 SPMB atau mengerjakan soal2 SPMB tahun2 sebelumnya.


    Ketiga, Persaingan sebenarnya lebih REALISTIS !
    bayangkan, Kalau dari 10 pesaing tadi (1:10) ternyata yang masuk kategori a dan b nya ada 50%, berarti berapa orang tersisa yang benar2 akan bersaing dengan hana? Dan seberapa besar kemungkinan untuk diterima? Jelas PETA persaingan jadi lebih realistis khan??? :D

    Yang pasti catat benar2 bahwa hana harus memilih Jurusan SESUAI BATAS TINGKAT KEMAMPUAN RATA-RATA diri hana sendiri yang salah satunya dapat diukur dari rata2 hasil beberapa kali (min 5x) Try-Out Simulasi SPMB! Kalau rata2 hana hanya 40% maka jangan milih jurusan yang diperkirakan PIG nya >40%, ok! Moga2 hana gak salah pilih jurusan dan gak asal pilih jurusan :mrgreen:

    So, optimis ya, Berikhtiar maksimal dan akhiri dengan sabar-tawakal.
    Manuasia hanya berencana dan Tuhanlah yang maha Menentukan.
    Kita wajib berusaha dan mudah2an usaha kita berhasil.

    Pr@bu do’akan semoga hana dan teman2 dapat sukses pada UN serta Seleksi Masuk PTN tahun ini.
    Diterima di Jurusan dan PTN idaman – Sesuai Minat,bakat & kemampuan – Lulus Tepat Waktu dengan prestasi maksimal – dan setelah lulus dapat berkontribusi di masyarakat.

    Salam sukses,

    pr@bu
    @

  6. Bisa ga minta prediksi soal-soal SPMB unri panam soal-soalnya yang taon lalu???
    Please kirimin gue …..
    abizz gw penden bgt masuk unri panam tahun nie………!!

    @
    aduh pr@bu belum punya tuh…. hmmm gmn ya. ada blogger lain yang bisa bantu???

    pr@bu
    @

  7. wuaaaa…..
    mksih bnyak bwt smangatnya,,

    mw tnya lagi,
    apa maksudnya dalam spmb itu ada yang dibedakan
    regional-regional itu?
    apa ada standar tertentu, misalnya apa unvrsitas di
    regonal 1 lbh susah masuknya daripada unvrsitas di
    regional 2??
    kiat sukses ngejawab soal spmb apa?
    mkasih bnyak ya kang.

  8. please jadwal tentang spmb unud-balinya dunk mas ya……….ane tunggu ampa besok ok !!thanx sebelumnya

    @
    Aduh… sebenarnya akang bingung mau jawabnya, maksud pertanyaannya begimana ya he3x…

    Setahu akang, UNUD menerima mahasiswa baru melalui jalur SPMB dan PMDK, akan tetapi jadwal pendaftara PMDK nya sendiri sudah berakhir tanggal 13 Maret 2008.

    Kalau SPMB rencananya diselenggarakan secara Nasional pada tanggal 2-3 Juli 2008 (mudah2n tidak ada perubahan rencana).

    Informasi mengenai SPMB dapat dilihat di blog http://un2008.wordpress.com dan akan selalu diupdate secara rutin.

    Terima kasih, dan mohon maaf bila jawaban akang kurang memuaskan.

    Salam, pr@bu

  9. uwh.. gga ngertii cra ngdownload na…
    rbett bgd ciii….

  10. yuhu… mas tlongin fanny dunnn???
    kirimin soal-soal UN SMK non teknik (bisnis n manajemen) n soal-soal SPMB di UI, UNPAD, n ITB dunn?? pleeeeeezzzzz bgettt iaa mas…

  11. Mas..
    Linknya Ringkasan Materi B. Indonesia gak bisa trus
    * MATEMATIKA UMPTN 2001 RAYON A diupload 20 Feb ‘08 23:45Wib.
    * MATEMATIKA UMPTN 2001 RAYON B diupload 20 Feb ‘08 23:45Wib.
    * MATEMATIKA UMPTN 2001 RAYON C diupload 20 Feb ‘08 23:45Wib.
    waktu di donlot besarnya cuma 0kb, jadi ga bisa dibuka. kalo bisa tolong dikirim ke emailku lagi ya mas!!
    a_ryv@yahoo.co.id
    Terimakasih…

  12. pak guru yang baik, mau nanya dong..
    kalo ujian masuk kedokteran UNAND dan UNRI ada ga pak??
    kampus mana aja pak yang punya ujian saringan masuk sendiri??minta datanya ya pak…
    trimakasih pak.

  13. assalamu’alaikum…
    akang,teteh,saya mau minta soal-soal prediksi SPMB untuk IPS plus kunci jawabannya, plus caranya juga. Saya cari-cari ga ada. Klo ga akn ditampilkan, kirimnya ke e-mail saya saja ya akang2, teteh2…
    Syukran katsiran
    Wassalam…

  14. o,iya lupa. nama e-mail saya : zyasti@yahoo.com

  15. Assww. Bwt pra pjuang spmb, cemangka! Eh mksude semangat! Kang, ksih trik bljar bwt spmb dunk! Soal2 7thun lalu kurang g? Mksh..!

  16. Kang tolong dong hasil PMP UNIMED…………….plis banget ne,thanks ya…..ne e-mail ade ………dedsdemona_imoet@yahoo.co.id.

  17. oyaaaaaaaaaaaaaa tolong jg mengenai spmb ne..soal2 spmb dr tahon llu yar ngerti bentuk soal yg diujikan,thanks buanget ya kang

  18. emmmmm….aq punya saran untuk web ini sebenarnya udah bagus untuk menambah pengetahuan tapi agar lebih baik lagi
    bagaimana kalau latihan – latihan soal dan pembahasannya dibuat n diperbanyak dan juga cara-cara cepat dalam memecahkan soal-soal mtk ……………walaupunsaya baru kelas x sma tapi hobi ,tekad,dan kegemaran saya di bidang matematika memotivasi saya untuk memberi saran ini .saya pikir itulah cara yang cepat untuk memahami n terampil matematika.n saran lagi buat semuax anggap matematika itu sebagai teman.n bawa fun aja ………jangan anggap matematika susah ,tapi jadikanlah your best friend….good luck yaaaa.q doain moga lulus SPMB n nilainya tinggi

  19. aq ada saran lagi beli aja buku 1700 BANK SOAL bimbingan pemantapan matematika dasar untuk sma / ma ,penerbitnya YRAMA WIDYA , d situ banyak soal-soal EBTANAS,UAN,UN,SKALU,PP ISIPENMARU. UMPTN,SPMB. aq udah membaca isinya sangat bagus…… ada banyak cra cepat untuk menjawab soal.n mudah dipahami n diingat.tdak percaya buktinya aq yg baru kelas x aja bisa menguasai n paham semua materi kelas 1-3 dalam waktu 1 minggu , tapi kalo gak mao gak apa-apa . yang penting minat,tekad,usaha n doa .GOOD LUCK…………………….. :-)

  20. Aluw.Seputar mslh spmb ne?Q gag yakin ama diri aku.Aku tu kegolong pas2an dalam pelajran tp aku pngen bgt masuk ui.Jadi gak pede gt.Mohon info tentang spmb yang dilaksanain di ui dunk..Ato kalo gag contoh soal ujian IPC regional A..Thanks.. ;)

  21. Aluw.Seputar mslh spmb ne?Q gag yakin ama diri aku.Aku tu kegolong pas2an dalam pelajran tp aku pngen bgt masuk ui.Jadi gak pede gt.Mohon info tentang spmb yang dilaksanain di ui dunk..Ato kalo gag contoh soal ujian IPC regional A..Bs dkrim k email aku=zoyce_lovrslibra@yahoo.co.id
    Thanks.. ;)

  22. om prabu mau nanya neh…
    aku sekolah di sekolah swasta ..bisa ga ikut spmb??
    aku pgn bgd kuliah di ptn,karena guru2 disekolah gak ada yang mau memberi informasi..

    tolong ya..
    tks

    @
    Bisa banget. SPMB itu terbuka untuk siswa dari sekolah swasta maupun negeri yang penting kamu lulus UN. Nah sekarang UN nya kan udah, ayo siap2 ikut SPMB (sekarang namanya SNMPTN). Formulirnya bisa beli secara kolektif melalui sekolah atau langsung di PUML yang paling deket dengan tempat tinggal kamu… Semoga sukses!
    Salam, pr@bu

  23. bg……gmn sih milih perguruan tinggi yang tepat tuk kita????
    oya,bang bg kisi2 spmb/solnya jg boleh

    @
    gmn ya… ringkasnya gini;
    yang pertama (sebaiknya) lakukan psikotest dan atau Test Bakat untuk melihat kecenderungan potensi/bakat kamu. Udah gitu pilih kira2 jurusan apa yang kamu minati… sesuai gak dengan hasil test bakat kamu… kalau perlu konsultasi lebih lanjut dengan psikolognya atau dengan guru BP di sekolah.
    Setelah mantap, coba cari tau bagaimana prospek kedepan/prospek kerja/lulusan dari jurusan yang udah kamu pilih jangan sampai pas dah lulus lapangan kerja bidang itu sulit didapet he3x….
    Terakhir tentukan PTN/PTS yang paling cocok untuk kamu kuliah di Jurusan tersebut.
    Kalau udah mantep dan semuanya OK ya tinggal mantapkan niat, susun strategi yang jitu (strategi belajar dan strategi ujian) agar kamu bisa lulus di PTN/PTS Favorit yang kamu cita-citakan.
    Semoga sukses!

    Soal-soal? Beli aja buku kumpulan soal dan pembahasan minimal 5 tahun sebelumnya yg udah banyak tersedia di toko buku…. pelajari dari sekarang!

    Ok, gitu dulu dari pr@bu, moga2 bermanfaat.
    Salam, pr@bu

  24. met pagi om parbu..
    q mau tanya neh,tolong djwb y?
    maksdnya regional 1 sama regional 2 itu gmna sich?bedanya d mn?,syrat2nya atau lebih susahan mana atau….?

  25. pliiiis jwb sekarang ya,q tunggu lho,,,!
    makasih banyaak.

  26. om, ko’ g dbls

  27. Hallo!
    Kang, yuni mau nanya2 tentang pilihan yuni buat SPMB.
    Ada strategi jitu g, buat masuk kedokteran UNPAD lewat SPMB?
    Misalnya soal Madas harus brapa soal, IPA berapa soal.
    buat ngejumlahin nilai SPMB kita berap, gmana caranya?
    Terus, apa passing grade masih berlaku?
    Makasih sebelumnya….

  28. Hello…!
    semua masih sibuk sama spmb yah? apa tidak ada yang minat masuk ikatan dinas? kalau ada yang tahu tentang ikatan dinas tolong beri tahu aku ya….Thanks…

  29. maaf,alamat e-mailku :ikapra_wagu@yahoo.co.id
    thanks…

  30. mas prabu,
    taon kemaren aq da ikut spmb.akunya lulus di studi pembangunan di universitas unair.tapi aqx ga regis soalnya aq sebenarnya pengen masuk keddokteran atau keperawatan s1.cuma aq takut kalau ternyata unag masuknya ga sesuai dengan kemampuanku.kata orang sich memang murah cuma aq takut bilnya karena ortuku gol rendah mas jdi yakin mereka ga mapu.aq akhirnya memilih untuk istiraht setehun.kali ini aq pengen banget ikut dan optiis lulus Spmb, biar ga di jurusan kedokteran, keperawatan juga uda alhamdulillah.jdi aq mohon dong, kirimkan aq soal2 prediksinya spmb tahun ini dan besarnya biaya setiap fakultas,terutama buat fakultas jurusan IPA.please yach kak,aq d bangku SMA banyak dapat penghargaan loh.tapi kenapa yach semuanya serba uang.padahal aq selalu dapat rengking satu dn juar umum sekolah.sedih dan iri melihat teman yang lainnya idah jai mahasiswa.tapi g pa2 soalnya ga ada kata terlambatkan untuk menuntut ilmu

  31. mas tolong kasih tau alamat hasil UNAS SMP ya!!! Tolong banget……………

  32. kang minta soal2 um ugm atw usm itb donk,,,,
    kirim ke emailq y,,, makaci

  33. mas berapa sich biaya masuk fakultas kedokteran unair????
    makaci tk tunggu jawabannya

  34. Prediksi soal UN 2009 berbagai tingkatan dan jadwal UN 2009 bisa dilihat di web blogku dengan mengklik nama agust84

  35. MAS TOLONG KALAU ADA PENGUMUMAN TENTANG JADWAL SPMB TOLONG DIKASIH TAHU YA AMA MATERI SOAL2NYA BUAT SPMB

  36. bang saya minta tolong,
    tolongla krmkan saya kapan informasi hasil tes PMP di unimed keluar.
    makasih banyak ya bang..

  37. bang saya minta tolong,
    tolongla krmkan saya kapan informasi hasil tes PMP di unimed keluar.
    alamat email saya rizki_4kbar@yahoo.com
    makasih banyak ya bang..

  38. bang..
    saya minta tolong ni,
    tolong kirimkan saya informasi kapan hasil seleksi PMP di unimed keluar tahun 2009, yg diadakan 28 april 2009.
    ni alamat email saya rizki_4kbar@yahoo.com
    tolong ya bang..
    makasih banyak..

  39. leh minta soal buat ujian masuk uny gag??
    kirimin yaaa

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: