JADWAL DAN KETENTUAN UASBN SD

FILE-FILE YANG BERHUBUNGAN DENGAN UASBN SD DAPAT DIDOWNLOAD DISINI!

UASBN

Sebagai implementasi amanat Peraturan Pemerintah tersebut, Departemen Pendidikan Nasional melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) akan menyelenggarakan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional untuk jenjang SD/MI/SDLB.

TUJUAN UASBN

  • Menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); dan
  • Mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan dasar yang bermutu.

KEGUNAAN HASIL UASBN

  1. Pemetaan mutu program dan/atausatuan pendidikan;
  2. Dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya;
  3. Penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan;
  4. Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkanmutu pendidikan.

SYARAT PESERTA

  • Peserta didik yang belajar pada tahun terakhir di satuan pendidikan SD, MI, dan SDLB (Tunanetra, Tunarungu, Tunadaksa ringan, dan Tunalaras).
  • Peserta didik yang memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada satuan pendidikan sampai dengan semester 1 tahun terakhir.

PESERTA UASBN

Diperkirakan UASBNtahun pelajaran 2007/2008 akan diikuti oleh sekitar 5.200.000 peserta yang berasal dari 184.000 SD/MI/SDLB.

SOAL UASBN

  • Spesifikasi dan naskah soal disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan UASBN (SKLUASBN). SKL UASBN merupakan irisan (interseksi) dari pokok bahasan/subpokok bahasan Kurikulum 1994, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2004, dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada Standar Isi.
  • Setiap paket soal UASBNterdiri atas: 􀂃25% soal yang ditetapkan BSNP dan berlaku secara nasional 􀂃75% soal yang ditetapkan oleh penyelenggara UASBN tingkat provinsi berdasarkan spesifikasi soal UASBNtahun pelajaran 2007/2008 yang ditetapkan oleh BSNP.
  • Soal UASBNyang ditetapkan oleh BSNP dipilih dan dirakit dari bank soal sesuai dengan spesifikasi soal UASBNTahun Pelajaran 2007/2008.
  • Bank soal dikembangkan dan dikelola oleh Pusat Penilaian Pendidikan pada Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Soal UASBNyang ditetapkan oleh penyelenggara UASBN tingkat provinsi disusun oleh guru perwakilan dari setiap kabupaten/kota yang sudah dilatih.

JUMLAH SOAL DAN ALOKASI WAKTU

NO MATA PELAJARAN JML. SOAL WAKTU
1. BAHASA INDONESIA 50 120 Menit
2. MATEMATIKA 40 120 Menit
3. ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) 40 120 Menit

JADWAL UASBN

UASBN Utama: Selasa, 13 Mei 2008
UASBN Susulan: Rabu, 21 Mei 2008
1. 08.00-10.00 : Bahasa Indonesia

UASBN Utama: Rabu, 14 Mei 2008
UASBN Susulan: Kamis, 22 Mei 2008
2. 08.00 –10.00 : Matematika

UASBN Utama: Kamis, 15 Mei 2008
UASBN Susulan: Jum’at, 23 Mei 2008
3. 08.00 –10.00 : Ilmu PengetahuanA lam(IPA)

KELULUSAN

  • Kriteria kelulusan UASBNditetapkan oleh setiap sekolah/madrasah yang peserta didiknya mengikuti UASBN.
  • Kriteria kelulusan UASBNditetapkan melalui rapat dewan guru dengan mempertimbangkan:
    • nilai minimum setiap mata pelajaran yang diujikan;
    • nilai rata-rata ketiga mata pelajaran.

SKH UASBN

Peserta UASBNdiberi Surat Keterangan Hasil UASBN (SKH UASBN) yang diterbitkan oleh sekolah/madrasah.

BIAYA PENYELENGGARAAN UASBN

  • Biaya penyelenggaraan UASBN menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota. Pemerintah pusat dan provinsi bersama-sama menanggung biaya yang berhubungan dengan kewenangan dan tanggung jawab Menteri, BSNP, Gubernur, dan Duta Besar Republik Indonesia.
  • Sedangkan biaya yang berhubungan dengan kewenangan dan tanggung jawab Bupati/Walikota, dan sekolah/madrasah menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota.

Catatan:
Komponen-komponen yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah ada di POS UASBN.

Thanks.

=====

prabujayadiningrat@yahoo.co.id

=====

48 Tanggapan

  1. SOALLLLLLLLL

  2. GIMANA CARA NGE DOWNLOAD KISI2 SOAL UASBN SD? D BLS LWT EMAIL

    Kalau Bapak ada kesulitan silahkan request apa yang Bapak perlukan melalui e-mail prabujayadiningrat@yahoo.co.id, mudah2an saya dapat membantu mengirimkannya ke e-mail Bapak. Trims😉 ::pr@bu::

  3. Tolong ada contoh soal-soal UASBN

    Insya Allah secepat mungkin… atau abrangkali ada blogger lain yang sudah punya?😀 Salam pr@bu

  4. bagus bangeeet..
    smoga amal jerih payah anda mendapat balasan dari-Nya

    Amiin3x… Salam pr@bu

  5. Bagus, bagus dan sangat bagus. Yang begini ini patut diberi penghargaan dalam memajukan dunia pendidikan. Pr@bu layak dapat bintang. iya lah soal-soal uasbn dari sini sangat membantu kami dalam proses belajar untuk menghadapi UASBN di sekolah kami. Terima kasih Pr@bu, semoga anda diberkahi oleh-Nya.

    @
    Alhamdulillaah…
    Amiin…3x

    pr@bu

  6. malam pak, kalo u/ umptn ada helper u tuna netra bagaimana apa ada kebijaksanaan bagi anak kebutuhan khusus yang belajar di sd umum misalnya adanya gangguan motorik sehingga sangat kesulitan untuk menjawab dengan membulatkan ; sangat memakan waktu karna gangguan motoriknya dan hasilnya pun pasti ga sempurna (keluar lingk)..
    terima kasih

  7. minta hasil uji coba uasbn di jakarta donk!!!!!!!!!!!!!!

    @
    Coba mas minta ke pak Oban/Zurick di http://zurick.wordpress.com karena beliau wilayah kerjanya di Jakarta. Terima kasih.

    Salam, pr@bu

  8. sangat membantu Pak….makasiiii

  9. (maap ngulang) Pak, tanggal 15 mei di tempat saya kalender pendidikannya libur umum nasional…..mohon penjelasan, sy di Bali, Pak

  10. mohon kalender pendidikannya pak…saya di palembang

  11. Apa hasil UASBN bisa dilihat di internet seperti thn@ lalu? Kalau bisa apa nama websitenya? Terimakasih ya, pak..

  12. hasil uasbn sd bisa dilihat di website apa ya? dan kapan?

  13. nggak sabaaaaaar neeeeh !
    waktu seolah merangkak,meryap dan merambat….sungguh !!!
    ternyata nunggu ituuuuu…. kaya gini rasanya ya temen temen ? hehe

  14. Hasil UAS BN SD bisa dilihat di situs apa ya? Tolong dijawab.

  15. aku mau tanya waktu uas BN aku salah nulis tanggal lahirnya.apa itu masih bisa lulus?jawab pleas….

  16. aq pingin lihat hasil uasbn sekarang yach tolong om/

    bapak/raden/mister dibalas yaaa di e-mail qqq plisyy

    cos,aq tersiksa berat lhoooo!!??

  17. om Prabu gimana caranya kalo mau liat hasil uasbn sd, kasih alamatnya donk aduh….. dek degan neeee….. om tolong please help me alamatnya dimana???????????

  18. info donk utk liat hasil ausbn sd…bingung neh nyari nilainya ??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  19. info donk secepatnya….hasil uasbn sd sdn ketabang…

  20. Mohon di informasikan di website mana hasil uasbn sd di umumkan Pak, atas bantuannya tks

  21. website unas dan uasbn bisa diakses di situs-situs di bawah ini:
    http://www.pdankjatim.net
    http://www.unas-jatim-net
    http://www.depdiknas.surabaya.go.id
    bisa dilihat mulai pukul 19.00 WIB tanggal 20 Juni 2008

    sumber: Dinas P dan K Pemprov. Jatim

    ELINGO BRENGOSE
    KA-DJI MANTEB
    PEMIMPINE JUJUR RAKYATE MAKMUR
    SALAM
    Achmady
    Bu Sam

    Ingat PILKADA 23 Juli 2008 **Coblos salah satu dari mereka

  22. diperkirakan sebanyak 15.542 siswa SMP di Jatim
    dinyatakan tidak lulus….
    Dag..Dig..Dug..Der

    Ingat Pemilu 2009
    Bakal Calon:
    SBY
    Mega
    Amien
    Bang Yos
    Gus Dur
    Sutrisno Bachir
    Wiranto
    Prabowo
    JK

    Sapa mau jadi wakilnya???
    who’s the next politician Idol???
    Siapapun berhak mencalonkan diri jadi Presiden asalkan janjinya jangan Muluk-muluk…

    ##mau dipilih oleh siswa SMA se Indonesia..cukup janjikan libur nasional selama 30 hari di bulan puasa, dan 1 minggu di hari natal, waisak dan Nyepi…
    wes ta..pasti Dipilih 10000000% saya yakin…
    he…he…he

    Insya Allah

  23. kami ingin tau hasil uasbn sd surabaya2008

  24. Mohon informasi hasil uasbn SD wilayah Tangerang Selatan bisa dilihat dimana?

  25. saya hasan guru SD di bwi.
    maap untuk download koq g bisa. mungkin bapak mau membantu saya ?
    kalau bisa dikrim ke email saya. trima kasih.

  26. saya ingin tahu cara muadah mengerjakan ujian UASBN

  27. ujian UASBN 2009 kapan ya ? mudah-mudahan
    soalnya gampang !!!!!!!!!!!!
    hehehehehehehehehehehehe!

  28. Jadwal UASBN tahun 2009 isunya dimajuin karena ada Pemilu. Mohon infonya dong.

  29. jadwal UASBNnya jng di majuin soalnya blm pd siap

  30. Mohon info jadwal UASBN untuk SD tahun 2009, mudah2an
    jgn dimajuin gak siap dech

  31. Untuk jadwal dan kisi-kisi UASBN Tahun 2009, bisa dilihat diblogku di http://rangkuman-pelajaran.blogspot.com

  32. YG PERIKSA HSL UASBN SIAPA.. GURU SEKOLAH NYA ATAU DARI DINAS PENDIDIKAN?/ MHN D BLS KE EMAIL///…

  33. Untuk melihat hasil tingkat kebenaran siswa pada UASBN 2008 dan mendownloadnya bagaimana?

  34. SKL UN naeknya brapa persen dari tahun lalu

    trus bisa minta contoh soal UN SD tidak ?

  35. om, mohon info jadwal uasbn 2009, trim’s

  36. Pak,mau nanyak ni itu jadwalnya udah tetap apa blm y?

  37. tks pak

  38. saya bangga because UASBN 2009 berjalan dg lancar thanks

  39. kapan hasil uasbn 2009 sd diumumkan?

  40. pak prabu tolong donk kirimin hasil uasbn sd 2009 yax ke e-mail saya thanx ya

  41. kkkkaaaappppaaannn pppeennnggguummmmuuuummmaaannnn….?????

  42. assalamualaikum………….
    pak,,,klo mo liat hasil UASBN SD NEGERI CIPUTAT 1 gmn…????
    ko saya ga bisa2 yahh….
    puyeng jdinya….😀
    tolong ya pak….
    trimakasih…..

  43. mana nilai UASBN gw.. kok belom kelaur

  44. di mana ya…. informasi hasil UASBN SD dapat di lihat melalui website….
    tolong di informasikan websitenya…..

  45. di mana ya…. informasi hasil UASBN SD dapat di lihat melalui website….
    tolong di informasikan websitenya…..

    tolong di informasikan melalui email

    terima kasih

  46. katanya UASBN mau dihilangkan apa bener………………!!!!!!!!!!

  47. kisi2 ajh d tanyain hruzx thu g blh nany hruz bljr smua tooooooootaaaaaaaaaaal donk biar smart

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: