KIAT AMPUH dalam Belajar Menjelang UN & SPMB 2008

Melengkapi kiat-kiat yang sudah disampaikan beberapa rekan di Blog lain mengenai kiat Sukses UN dan SPMB maka saya akan menambahkan beberapa kiat yang mudah-mudahan bermanfaat untuk adik-adik sekalian dalam meraih kesuksesan pada UN dan SPMB yang akan datang.

Kiat-kiat tersebut antara lain :

a. Cara Belajar pada kurun waktu < 3 bulan sebelum ujian

Perhatikan fakta berikut ini :

  • Type Soal UN / SPMB cenderung berulang dari tahun ke tahun
  • Soal-soal yang keluar pada UN/SPMB adalah soal-soal yang berasal dari materi pelajaran kelas 1 s.d. kelas 3! Bayangkan seandainya adik2 harus membaca ulang seluruh buku pelajaran dari kelas 1 s.d. kelas 3! Tinggi tumpukan bukunya aja mungkin lebih tinggi dari tinggi badan adik2, ya gak?

Nah oleh karena itu, menurut hemat saya maka akan lebih efektif dan efisien apabila pada periode ini adik2 sudah merubah pola belajar menjadi : SOAL ke TEORI! Kamsudnya eh maksudnya, pada periode ini perbanyaklah berlatih mengerjakan soal-soal UN/SPMB tahun-tahun sebelumnya, minimal 5 tahun sebelumnya baru kemudian lihat teori/pembahasannya. Jadi jangan dibalik jadi TEORI kemudian Latihan SOAL karena cara ini akan efektif kalau ini dilakukan minimal pada saat kalian naik di kelas 3, Ok! Khusus untuk soal-soal UN coba lihat SKL nya dan hanya kerjakan soal2 yang pokok bahasannya tercantum pada SKL UN 2008 tsb. Kerjakan soal2 tadi secara rutin setiap hari, mulai dari sekarang! Yah apa salahnya beberapa bulan ini kita korbankan kegiatan2 lain seperti main, nongkrong, jalan2, dll. dan memperbanyak porsi untuk persiapan UN/SPMB. Kalau udah lulusmah mo puas2in main juga bebas2 aja khan sembari nunggu kuliah dimulai he3x…

b. Menjelang/Sebelum Ujian

Pada beberapa hari menjelang Ujian, sebaiknya kurangi porsi belajar. Lebih banyak relax aja khan belajarnya udah dicicil sejak beberapa bulan sebelumnya…šŸ™‚ Persiapkan fisik (jangan begadang, jangan hujan2an, jangan kebanyakan makan pedas hehhe ntar gmn kalo diare saat ujian! wah bisa gawat tuh! trus hindari masalah (putus cinta, tawuran, kebut2an, dll.). Persiapkan alat2 ujian jauh2 hari; tanda peserta, alat tulis menulis, papan alas, dll. (jangan lupa buat copy kartu peserta untuk jaga2 kalau2 ilang…). Jangan terlambat datang ke lokasi ujian dan sebelum berangkat jangan lupa minta do’a dari orang2 khususnya dari kedua orangtua kita.

c. Pada saat ujian

Ada yang bilang bahwa ujian (UN/SPMB) lebih kepada uji mental! So, Relax aja! Sebelum mengerjakan soal jangan lupa berdo’a terlebih dahulu. Periksa LJK jangan2 LJK yang kita pegang salah cetak atau cacat. Segera kembalikan/tukarkan pada pengawas bila kita merasa LJK kita ada kejanggalan. Baca/perhatikan petunjuk ujian. Pastikan kapan mulai dan berakhirnya ujian. Kerjakan soal dari yang mudah dulu baru kemudian yang lebih sulit. Jangan dibiasakan mengisi jawaban pada lembar soal dan memindahkannya sekaligus pada akhir ujian! Gimana kalau keliru memindahkan? Gimana kalau waktunya gak cukup? Mungkin ada baiknya jika menghitamkan jawaban setiap 3-5 soal selesai dikerjakan atau bahkan setiap 1 soal dikerjakan langsung dihitamkan pada LJK. Jangan berbuat curang (nyontek, pakai kalkulator, bekerjasama, dll.). Periksa kembali pengisian data2 dan jawaban pada LJK sebelum dikumpulkan (nomor peserta, nama, kode soal, dll.; sudah dihitamkan bawahnya atau belum? apakah tidak ada yang keliru dalam menghitamkannya?).

d. Setelah Ujian

Tawakal! Perbanyak do’a dan serahkan hasilnya kepada Yang Maha Kuasa.

Demikian beberapa kiat dari saya, mudah2an ada manfaatnya.

Trims.

=====

prabujayadiningrat@yahoo.co.id

=====

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

12 Tanggapan

  1. aku ingin mencarikan data untuk adik adik kelas

    ::pr@bu:: data apa yang dimaksud, barangkali saya bisa membantu… trims

  2. tolong cariin soal itb dunks kak…plis

    @
    gak mau ach… he he hešŸ˜€
    pr@bu

  3. bang/kak gini……. aq sbenarnya dah lulus diPTN yg faforit tp aq ngak puas dgn jurusanku jd da rencana mo ngambil spmb lagi tp aq dah banyak lupa pelajaran tu. Pa masih bisa ngak ngejar pelajaran itu mulai skarang?

    @
    Gak masalah, bukankah yang dipelajari semester I dan II tahun ini masih MKDU (Mata Kuliah dasar Umum) yang ya masih ada kaitanya dengan pelajaran2 yg di SPMB kan…

    So, kalo benar2 berniat begitu, gak ada kata “TIDAK ADA WAKTU”, mulailah sejak sekarang, gak usah buka2 buku teori SMA, tapi beli 1 buku kumpulan soal SPMB tahun2 sebelumnya (minimal 5 tahun sebeumnya). Terus pelajari dan latih, kerjakan dengan disiplin dan kontinyuuuuu….. Jangan lupa jaga kesehatan dan jangan salah piih jurusan ya.

    Pr@bu do’akan semoga sukses!….

    jabat erat selalu, pr@bu.

  4. Wah… Uda tinggal maju perang aja nih… tapi otak sepertinya masih kosong blong…
    apa masih bisa nih mas hari gini belajar buat UN juga buat UM??? guru-guru saya tu ngasih banyak soal,, tapi ngeliatnya aja udah “semlengeren” (Keliengan),,, jadi musti gimana nih mas?
    Bales di Emailku aja ya… thx…

  5. gw sech asyik2 ja…..hehehehe
    semoga taon ini semuanya lulus 100%
    dan keterima ke universitas yang diimpikan,, jagn lupa mimpi jadi pengusaha sukses..Amin!!!!

    God BLESSS yOU….!!!!

  6. mas Pr@bu!!!
    Saya lulusan tahun 2007.Saya udah kuliah di PTN.Tapi saya mendadak keluar awal bulan ini.Terus Saya mau ikut SPMB tahun ini tapi saya udah lupa sama teori pelajaran waktu SMA.
    Yang saya ingin tanyakan, kan katanya mas prabu,
    kita nggak usah belajar teori, langsung ke soal SPMB-nya, nah terus gimana cara kita ngerjain soal itu, kalo materi waqtu SMAnya banyak yang lupa?
    Tolong balas keE-mailku ya mas Pr@bu.
    Thanks!!

    @
    Salam..

    Aduh sayang banget kenapa mesti keluar he3x… tp ga pa2 daripada gak cocok trtus dipaksain ntar hasilnya pasti gak akan optimal…

    Maksud akang bukan teori itu ditinggalkan sama sekali, tetapi teori itu baru dibaca dan dipelajari lagi jika memang benar2 diperlukan. Gini, kita belajar mengerjakan soal-soal spmb tahun2 sebelumnya semampu kita, nah nanti akan ketemu mana saja yang kita bener2 tidak mampu; solusinya;
    1. lihat pembahasannya dan kalau dirasa cukup lanjutkan dengan soal yang lain,
    2. jika pembahasan belum memuaskan atau amsih belum dimengerti maka disinilah saatnya melihat kembali catatan2 di buku teori,
    3. jika masih belum juga dimengerti, inilah waktunya untuk adik bertanya kepada orang yang tepat.. ke teman, ke kakak, atau ke guru bimbel… (kalau ke guru sekolah masih mau ngebantuin jawb gak yah he3x…)
    4. Kapan sih sebenarnya saya harus mendalami lagi suatu materi? Dengan mengerjakan soal2 SPMB beberapa tahun sebelumnya, adik dapat menimbang dan menilai sendiri sebenarnya berapa kira2 tingkat kemampuan adik sekarang dalam mengerjakan soal2 SPMB. Jika prosentase yang tidak bisa nya hanya sedikit maka cari materi/pokok bahasan yang mana yang paling banyak muncul, maka itulah yang digenjot untuk dipelajari agar dapat skor maksimal. Jadi gak semua materi harus dihafalkan/dibahas lagi teorinya secara mendalam… Ingat 2-3 juli SPMB, tinggal berpa lama dari sekarang? So dioptimalkan waktu yg ada dengan menerapkan strategi yang tepat baik dalam belajar maupun waktu ujian nanti.

    Semoga sukses!

    Salam,

    pr@bu

  7. kak pr@bu
    saya maoo tanya ne
    saya lulusan tahun 2007
    trs saya dah kerja.Saya juga maoo coba ujian spmb nanti
    tapi saya dah lama gak bahas soal yng namanya soal2 spmb
    tu karna sibuk ma kerjaan
    trs gimna cara nya ntar klo ujian nanti.Saya pengen bangt ne kak masuk PTN.Memang se saya kadang buka soal2 UN dari net,tapi saya lebih konsen belajar nya lewat buku catatan saya waktu SMA,trs buku2 tu ketinggalan di rumah(Medan)& sekarang saya dah di Bali.Gimna dunk kak bantuin saya dunk
    bales ya kak ke email q

    @
    Ok deh… tar dibales ke emailnya…
    Salam, pr@bu

  8. Aslm
    mas,, gni,,
    q ini anak ipa,,tapi q pgen masuk sastra inggriz
    n ga tanggung2 impian q adalah UI,,
    q dari daerah,,
    nah yg mw q tanyakan
    1.lbih baik mana bimbel di jkarta langsung atw di daerah q?
    2.gimana caranya ngejar materi ips nya?,,smentara q jg blm berlatih soal2 spmb thn lalu yg ips
    3.gimana caranya biar maksimal blajar ipa n ipsnya?
    4.apa cukup dg blajar soal2 spmb thn lalu aj?
    5. tlong kasih aku 3 jurusan yg semua di ui,dg alternatif prtama 2 jurusan ups i ipa,, atu 2 ipa satu ips,, yg penting sastra inggriz hrus masuk(maksud q peletakan pilihan jg yg aman dlihat dr great n pminatnya gtu…)

    dah kayaknya dah kebanyakan tu pertanyaanya…
    heheheh
    ^_^
    q tunggu secepatnya ya balasannya …

    thnk u…
    wassalam

  9. kak aku punya masalah nich,…..
    1.aku pesimis bisa lulus spmb tahun ini
    2.aku bingung mw belajar mulai dari mana?
    3. aku dah kul di PTS di JakSel jur FE itu mama aku yang
    mw untuk masuk jur itu tapi aku sama sekali tidak nyambung sama mata kuliah yang diajarkan dan aku mw FISIP di UI (amien) tapi mama aku kurang setuju untuk bisa lulus SPMB FISIP jadi gimana dunk aku ikutin apa kata mama aku atau aku usaha untuk bisa lulus SPMB tahun ini (amien)
    4. do’a-in aku ya supaya bisa lulus spmb tahun ini cos aku kurang betah di kampus aku sekarang

    Please semoga aku bisa lulus spmb tahun ini (amien)
    kirim lewat e-mail ya indriyantiy@yahoo.co.id

  10. kak tolong cariin soal2
    SKL donk…….

    soal_nya dah pda hilang…….

    pleeeeeeeeaaaaaazzzzeeeeeeeee bget
    ka…..
    kirim ke email ya

    rkomit@yahoo.co.id

    aku tunggu loch kak SECEPAT_NYA!!!!!!!!!!!!!

  11. Mas,universitas swasta yg teknik elektro nya bagus apa ya?Thx.Bales d emailku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: