Antisipasi Mapel Penyebab Kegagalan UN

Sejenak kita tunda dulu membahas seputar kisruh pelaksanaan SPMB, karena sebelum SPMB ada Pintu terdekat yang harus dilewati para siswa agar dapat kuliah di Perguruan Tinggi yaitu UJIAN NASIONAL.

Dengan adanya penambahan jumlah mata pelajaran yang di Ujian Nasionalkan secara tidak langsung menyebabkan semakin banyak potensi yang dapat mengakibatkan KEGAGALAN siswa pada Ujian nasional tahun ini.

Dari hasil penelitian kami, yaitu melalui kegiatan TRY-OUT SIMULASI UJIAN NASIONAL di beberapa kota di Jawa Barat, maka kami menyimpulkan bahwa ada beberapa MATA PELAJARAN yang harus diwaspadai karena perolehan nilainya dapat menjadi batu sandungan dalam kelulusan UN.

Berikut ini contoh perolehan nilai siswa hasil Try-Out Simulasi Ujian Nasional :

HASIL TRY-OUT SIMULASI UN SMA – IPA

NAMA

B.ING

B.IND

MAT

FIS

KIM

BIO

RATA2

HASIL

HALIMAH

6.4

6.6

3.0

4.5

5.0

7.3

5.46

BL

IZZAN

6.8

6.0

3.3

4.3

7.3

4.8

5.38

BL

ANNASTASIA P

6.8

6.4

3.0

3.8

6.5

5.5

5.33

BL

ARIS

7.4

5.6

3.3

3.5

6.5

5.5

5.29

BL

ILDZAMARIA

6.8

6.2

3.0

3.8

6.5

5.5

5.29

BL

FITRI AMALIA

6.6

6.6

3.0

5.5

6.5

3.5

5.28

BL

ROSALINA

7.2

6.0

2.8

4.3

6.5

5.0

5.28

BL

SITI F

6.2

6.6

3.3

3.8

5.0

6.8

5.26

BL

RIDWAN

7.0

6.2

2.8

4.3

6.5

4.8

5.24

BL

KARIM BUDIONO

6.8

5.6

3.5

2.8

5.3

7.5

5.23

BL

AYUNI S

6.8

6.0

2.5

4.0

6.3

5.8

5.22

BL

SUCHI ARMEN

6.4

6.4

3.3

3.5

6.3

5.5

5.22

BL

DEA ANANDA P

6.8

6.2

2.8

4.5

4.5

6.5

5.21

BL

NURUL ZAMAN

6.6

6.0

2.8

3.8

6.0

6.0

5.18

BL

MUNA SITI A

6.2

6.2

3.3

3.8

4.8

6.8

5.15

BL

AGUSTINUS S

6.6

5.0

3.5

4.5

4.5

6.8

5.14

BL

RIZKIAWAN

6.4

5.4

2.8

3.8

6.3

6.3

5.13

BL

AMELIA PUTRI

6.8

6.2

2.8

3.5

5.8

5.5

5.08

BL

DEWI LARASATI

6.2

5.6

3.3

4.0

5.8

5.5

5.05

BL

AMAR SUBANDI

6.6

4.8

3.5

3.8

5.0

6.5

5.03

BL

… dst …

HASIL TRY-OUT SIMULASI UN SMA – IPS

NAMA

B.ING

B.IND

MAT

GEO

EKO

SOS

RATA2

HASIL

INDRA B

6.8

6.0

2.5

6.8

7.0

6.0

5.84

BL

AMIR SYAM

6.4

5.2

3.0

6.5

7.3

5.5

5.64

BL

LENI MARLINA

6.8

5.0

2.3

6.8

7.3

5.0

5.51

BL

WILMATULAH

6.0

6.8

3.8

5.8

5.3

3.3

5.13

BL

SEPTI

6.4

4.6

2.5

6.5

6.8

4.0

5.13

BL

NANI N

5.6

5.6

2.8

6.3

7.5

3.0

5.12

BL

PUJI AYI

6.2

5.0

2.8

6.0

7.0

2.8

4.95

BL

R. OKTAVIANI

5.8

5.0

2.0

6.8

7.5

2.5

4.93

BL

WAWAN A

5.8

4.6

2.8

6.5

6.3

3.5

4.90

BL

FITRA SARI

5.8

4.8

1.5

5.8

7.8

3.8

4.89

BL

SRI MULYANI A

5.4

5.8

3.3

5.0

6.0

3.5

4.83

BL

ZAKY AHMAD

5.2

5.2

2.3

5.0

7.0

4.3

4.82

BL

ADE PURNAMA

5.2

5.6

3.3

5.5

5.0

4.3

4.80

BL

S FITRONI

4.4

4.8

2.3

6.0

7.0

4.3

4.78

BL

FAUZI BOKO

5.0

5.4

3.3

5.3

4.8

5.0

4.78

BL

NURUL M

5.8

3.6

2.3

6.5

7.3

3.3

4.78

BL

TIKA MULIA

6.2

6.2

2.8

5.3

5.0

3.3

4.78

BL

RD GUMILAR

4.6

3.2

3.8

6.3

7.0

3.8

4.76

BL

RAHMAWATI

5.8

5.4

2.5

7.0

7.8

0.0

4.74

BL

TEDY HONSA

5.0

4.2

2.0

6.5

6.3

4.5

4.74

BL

… dst. …

BL = BELUM LULUS

NAMA sudah diganti dengan nama samaran.

Dari illustrasis diatas dapat disimpulkan bahwa SISWA YANG MEMILIKI NILAI rata-rata DIATAS 7 atau mendekati 7 sekalipun dapat dinyatakan TIDAK LULUS UN apabila salah satu pelajaran ternyata ada yang memiliki nilai kurang dari 4.

Perhatikan perolahan nilai a.n. HALIMAH :

NAMA

B.ING

B.IND

MAT

FIS

KIM

BIO

RATA2

HASIL

HALIMAH

6.4

6.6

3.0

4.5

5.0

7.3

5.46

BL

Syarat kelulusan dari rata-rata nilai sudah dipenuhi, nila-nilai untuk mata pelajaran yang diujikan juga sudah lumayan, bahkan Biologi diatas 7. Namun hanya karena MATEMATIKA memperoleh nilai 3 maka Halimah dinyatakan TIDAK LULUS.
Jadi, dalam hal ini pr@bu hanya ingin mengngingatkan, berhati-hatilah dengan SEMUA MATA PELAJARAN yang di UN kan. Jangan menggenjot satu pelajaran dengan meninggalkan pelajaran yang lainnya. Disini sudah tidak ada istilah suka atau tidak suka lagi, semua pelajaran yang di UN kan, WAJIB DIPELAJARI!
Dan berikut ini beberapa Mata Ujian yang sebaiknya diberikan porsi dan perhatian khusus dalam proses belajar persiapan menghadapi Ujian Nasional.
1. Matematika (SMP dan SMA IPA DAN IPS),
2. Fisika (IPA)
3. Sosiologi (IPS)
4. IPA (SMP)
Semoga bermanfaat…
Salam, pr@bu

5 Tanggapan

  1. Pada dasarnya Ujian Nasional itu gak susah lho
    Asal dulu pas sma nya belajar…
    Tapi yang gue tau SMA-SMA yg pinggiran ( bukan unggulan ) parah bgt, kadang2 kelas kosong kaga ada yg ngajar, muridnya pada cabut, sekolah masuk jam 7 pulang jam 9
    Klo gitu kan mana mungkin UN pada lulus!
    Banyak bgt lho UN yg tahun lalu yg dapet nilai bagus2 tapi hasil curang, beli kunci jawaban atau dikasih tau jawabannya sama guru sendiri kaya yg di TV2
    jadi lebih baik gak usah ad UN deh
    buang duit, ntar malah dikorupsi lage……………………..

  2. untuk apa sih di ada kan un itu ???
    kalu hanya untk buat kerusushan saja.
    pecuamn di buat un.
    karena kebanyakan yg curang

    nggak ad yg murni dalam sehala hal
    apalgi di mansa sekarang ini
    semunya penuh dengan kecurangan
    sepeti di spmb…………
    ngak ada seuanya yg murni…
    apabial ada sogokan amka selau di buat perbedaan itu.

  3. Yap,Sependapat dengan pendapat di atas

    Jujuran saja,saya yg tahun ini UN aja pasti minta jawaban sama temen

    Hasil belajar 3 tahun di tentukan hanya 3 Hari

    Tidak sebanding dengan apa yang di dapatkan selama ini

    T_T

  4. kenapa ya nggak sekalian semua mata pelajaran diujikan semua…….soalnya malahbikin sapek dee

  5. iyach mending semua mata pelajaran aja di ujikan…

    pernah juga kejadian
    temen aQ pernah ada nilai 0 di STTB smpnya
    kalo maw di blg karna data pribadinya salah diisikan yach ga mungkin karna guru2 sekolah ada recheck ulang data2 pribadi yg di tulis siswanya….artinya LKJ temen aQ ituw ilang di tengah jalan…. kasian orangnya padahal ranking 2 se smp…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: