TEORI DAN LATIHAN SOAL IPA TERPADU

Soal-soal ujian seleksi masuk perguruan tinggi untuk masing-masing bidang, yaitu Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, mempunyai lingkup yang terbatas. Selain itu oleh adanya ciri khas masing-masing bidang, banyak soal yang digunakan dalam ujian seleksi perguruan tinggi mempunyai pola penyelesaian yang mudah dihapal. Akibatnya banyak peserta ujian yang kurang mempunyai kemampuan penalaran tinggi dapat menembus ujian seleksi ini.

Ujian MIPA Terpadu dimaksudkan untuk mengimbangi kelemahan dalam soal-soal ujian masing-masing bidang dengan menggunakan tema IPA yang selalu berubah, sehingga para peserta ujian dihadapkan dengan situasi baru dan berhadapan dengan berbagai komponen MIPA secara terpadu. Dengan demikian diharapkan dapat dijaring calon-calon mahasiswa yang benar-benar memiliki kemampuan analitis yang tinggi, serta mampu berfikir menembus dinding-dinding pemisah antara berbagai komponen ilmu dasar yang membentuk MIPA.

Soal-soal MIPA terpadu biasanya diawali dengan pemaparan sebuah wacana atau penggalannya. Kemudian dari wacana tersebut akan ditanyakan beberapa pertanyaan sesuai dengan isi dari wacana tersebut. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait dengan wacana dimaksud biasanya mencakup materi-materi pelajaran IPA yaitu : Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Untuk mempermudah adik-adik dalam mempelajari cara-cara mengerjakan berbagai jenis dan type soal IPA Terpadu kami akan mencoba menyajikan pembahasan mengenai IPA Terpadu yang sudah dikelompokkan berdasarkan materi dan pokok bahasannya sehingga adik-adik akan lebih fokus dalam belajarnya.

Pembahasan yang akan kami sajikan disini akan terbagi dalam beberapa bagian antara lain sbb. :

  • Matematika untuk IPA Terpadu
  • Fisika untuk IPA Terpadu
  • Kimia untuk IPA Terpadu
  • Biologi untuk IPA Terpadu
  • Pengetahuan Ilmiah Populer
  • Soal & Pembahasan IPA Terpadu
  • Latihan Mandiri IPA Terpadu

Semoga Pembahasan mengenai IPA Terpadu ini dapat membantu siswa/i kelas 3 dan alumni SLTA pada khususnya dalam menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi (USM/SPMB) yang memunculkan materi IPA Terpadu sebagai salah satu bahan ujian. Dengan mempelajari buku ini, siswa/i diharapkan terbiasa berpikir dan mampu menyelesaikan berbagai persoalan IPA secara terpadu. Dan yang paling penting mudah-mudahan Allah SWT masih memberikan kesehatan dan umur yang panjang kepada kita semua agar segala yang kita rencanakan dan upayakan tersebut dapat tercapai.

File siap download (di-update 12 Feb 2008 20:53 WIB)

Yang lainnya, menyusul! Thanks.

=====

prabujayadiningrat@yahoo.co.id

=====

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

About these ads

66 Tanggapan

  1. Nah…gitu donx sudah bagus bisa ngakses di situs ini. Jangan main game doanx gak bikin jadi pinter. Saya juga aktif persiapin siswa SP1ndi khususnya kelas 9G. Nanda,Faiz,Satryo,Sofiatuz, CS. Kalo da gitu met belajar serius n minta doa ibu juga bedoa pada Gusti Alloh semoga kalian berhasil dalam UAN nanti

  2. tlg kirimi soal uan 2008

  3. tolong kirimi aku soal uan 2008

  4. kirimi aku soal SD yang terbaru dong ………….
    azwirdafrist.wordpress.com

    @
    ok kalau udah ada yang baru pasti segera ditayangkan disini kok, ok…. :mrgreen
    Salam,
    pr@bu

  5. btw klo kunci jawaban spmb 2008 nanti ad g ???
    klo ad tlong krim ke E-mail aq y?
    co_lasax@yahoo.com
    thanks!!!
    tpi klo g prediksi nya aja y???

    @
    Kunci Jawaban SPMB/UMPTN akan kita muat disini setelah pelaksanaan SPMB/UMPTN.
    Kalau sebelum SPMB/UMPTN udah ada kunci…,wah bisa bahaya atuh kakang pr@bu bisa dituduh membocorkan soal… trus dipenjara deh :(
    Tetap berikhtiar aja ya dengan cara2 yang baik, Insya Allah pr@bu Do’akan semoga berhasil lulus.
    Salam,

    pr@bu

  6. om prabu, saya maya.saya minta soal bocoran um ugm 2008 jurusan ipa dong.saya hrs bs msk ugm jurusan teknik elektro thn ini, klo tdk lulus saya bakalan gak dikuliahin sama orng tua saya.
    TERIMAKASIH BANYAK

  7. tolong kirimin soal-soal ipa terpadu untuk tahun 2008 doooong!please yah…..

  8. plsss minta soal uan IPA 2008 fisika and bio pls

  9. …..hmmh….. sepertinya tulisan ini menyalin dari buku mengerti IPA Terpadu yang penerbit Yrama Widya Bandung ………..

    @
    betul sekali…. artikel ini sangat baik dan perlu dimiliki, oleh karena itu pr@bu mohon maaf dan mohon izin kepada pemilik buku ini untuk naskah yg telah ditampilkan. Dan untuk selanjutnya kepada para blogger yang memerlukan teori IPA TERPADU secara lengkap silahkan dimiliki BUKU TEORI IPA TERPADU (yang jarang ada-mungkin inilah satu2nya yang terlengkap yang ada saat ini) Karangan Wasimudin Surya dan diterbitkan oleh Penerbit YRAMA WIDYA. Agak sulit memang mencari buku ini… gak tau karena laris gak tau gak diterbitkan banyak…. yang jelas pr@bu sangat merekomendasikan adik2 yang akan ikut UM/USM/SPMB untuk memiliki buku ini.
    Salam hormat,
    pr@bu.

  10. om….. saya minta contoh soal uasbn klas 6 sd ya…… please…. don ,kalok gak mau saya minta kisi2nya saja.

  11. om prabu, saya minta tolong dikirimi soal prediksi SPMB dengan soal IPA terpadu yang untuk latihan yah…… ok2… Thax n GBU

  12. wah bisa..makasih kakang prabu…ntar di update lagi yach..

  13. woi orang2 di^^atas
    jgn pada cemen dnk minta kunci jawaban inilah itulah, nene2 betattoo juga tahu kalo itu semua susah…
    yg penting usaha woy, usaha
    parah banget yg bikin blog diminta bocorin kunci, gada bedanya ky disuruh bunuh orang…shit!

  14. om prabuu…
    ad contoh2 soal usm itb ga???
    soalna susah dpetinx di padang…
    trus bimbel dsni jg g da yg nyediain ttg usm itb…..

    klo ada
    plzzzz bgt
    kirimin k
    tia.gerrard@gmail.com

    plzzz bgt y kang………….

  15. akang..
    tolong kirimi soal ipa terpad duonk

    penting neh
    ato soal usm itb juga gapapa
    tolong yah

  16. aku ra mudeng bosomu, kriteria penilainebagaimana? tolonG di bales ya kak thx…

  17. sore……
    tolong kirimin pembahasan UMB-SPMB yang waktu ujian tgl 7&8-6-2008 ya bang………..
    please……n pengumuman’y y……
    please…………….

  18. Tolong kirimin aku pembahasan UMB untuk kode soal 371

  19. kok yg ada cuma matematika?
    yg laen mana
    tolong segera di update

  20. boleh minta soal ujian SMP dan SMA IPA dan IPS.
    terima kasih.
    arrkhel.wordpress.com

  21. tolong kirimi panduan materi. latihan soal, dan kunci jawaban untuk UAN mata pelajaran IPA

  22. pak, kirimin saya soal SPMB duong .
    kalo bisa tahun 2000-2005.
    pliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiisss =)

  23. mohon kiriman soal-soal biologi smp

  24. mohon kalau ada soal yang baru untuk mata pelajaran biologi smp kami dikirimi

  25. wah soal-soal ini membantu saya dalam pembelajaran saya sendiri maupun teman-teman

  26. aku mau tanya tentang uasbn,gini pertanyaannya,apakah ada pelajaran ips dalam ujian tahun ini???????????????
    kalau mau di jawab kirimke alamat ini,
    masterlove.@gmail.com

  27. kakak aku mau tanya apa yang dikeluarkan di uasbn nanti.RANGKUMANNYA DIBERIKAN KE ALMAT GMAIL INI,masterlove.@gmail.com

  28. Terima kasih bank soal IPA terpadunya. Semoga amal baik anda dibalas Tuhan berlimpah Amin !

  29. kak q mw mnt soal lat ipa kimia yow,

    krm ke mailq yg td mkc kak…………….!

  30. SoaL yg iPa”n” kiMia”na manee……
    w mw dunKzZ soaL iPa n KiMia na dicAntumin gx cumAn mTK doanKzz……

  31. saya hesti….,,,boleh ga saya mnta soal-soal dan pembahasan ipa terpadu…???

    kalo bisa tolong ya kirim ke email hesti…
    sebelumnya trima kasih… secepatnya ya hesti tunggu….

  32. kang prabu,. ni fahmi dari lampung tlg kirim soal-soal UN 2009 ke email aku, tapi yang asli yapz? jgn yang prediksi or kisi2., thanks alot klo kang prabu dah ngirim soal Un bneran., buat aku. brarti dah ikut menyukseskan UN yg akn ku hadapi……, TRIMS, blz

  33. tlong krimen aq soal2 t’bru +t;lengkap ipa terpadu ych,soalnya aq ntar ge kut tes akbid nich…pleas bgt,krem k mail aq ych,k tgu…!!!

  34. ohya smpe lupa yg asli y soal2 x,cupya aq lulus….
    thanks bgt s”blm x

  35. Prabu mana nie meteri N soal2 IPA TERPADU t”bru x,aq minta tlng dng s:cepat x,aq pngen cpet bljr nich kjar wkt,pleas…!!!

  36. tolong ya di kirim soal ipa terpadu untu anak smk,
    tapi bukan sejenis metemetika,kimia,fisika,
    saya mau mintak ipa umum.
    utuk yang soal di websait ini sudah bagus.
    tetapi yang saya cari bukan yang tersebut.
    thank

  37. om.. tolong dong kirimin soal2 ipa terpadu dan pembahasannya.. bukan soal dan kunci doank.. kirim ke alamat email di

    ultimatebuster@gmail.com

    makasih yaaa

  38. tolong dong kasih soal2uan

  39. tolong sisipkan prediksi soal unas fisika smp……….

  40. PAK TOLONG BERI SAYA KISI-KISI SOAL UNTUK MATA PELAJARAN IPA LINGKUNGAN DI SMK

  41. Om.. Tolong Kirimin kisi-kisi um ugm 2010, trimakasih :-)

  42. toloong donk soalnya dilengkapin… coz soal yg q cri gags ada… Thanks :-)

  43. minta kirimin latihan soal ipa terpadu buat masuk universitas..

    khusus nya buat masuk UPI

  44. terima kasih, telah memasang link menuju blog ilyas afsoh “SNMPTN 2010″

  45. Pak saya boleh minta soal dan pembahasan IPA Terpadu SMP kelas 7? tolong kirim di Email saya… Trimakasih

  46. kangmas prabu..
    bisa share materi n soal dunk…
    mari bersama kita wujudkan amanah para pejuang…
    untuk mencerdaskan kehidupan bangsa…

  47. mas, minta kirimin modul atau diktat ipa terpadu smp

  48. mas, maap saya minta tolong kirim modul plus latihan-latihan soal buat smk kls x, xi dan kls xii ya…
    terimakasih.

  49. tolong minta soal ipa terpadu dasar beserta jawaban

  50. di nant looh update trbarunya ttg soal2

  51. bisa g ksih materi ipa terpadu untuk perguruan tinggi,,,,

  52. kk Minta Jawaban Soal buku champion ipa terpadu Ya Kirim Message Ke Saya

  53. Jelek

  54. thx

  55. coba loo bsa gk nyerjain kya lo pinter ajah berni di belakang
    goblokkk

  56. tolong kasih jawaban nya dong penyen tau

  57. mnaa yamgg lainnnyA ???????????????????????????

  58. mana yang fisika kima dan biologinya?? butuh niiih

  59. tolong donk kasih soal2 un smp

  60. tahun ini dan tahun selajutnya sagat bagus sekali ada peningkatan kurikulum mata pelajaran sejarah harus membutuh kan banyak waktu yang mau digunakan
    pada saaat proses belajar dan mengajar

    terimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: